Minggu, 23 Desember 2012

Survei: Kaum Muda Inginkan Jokowi Jadi Presiden

 
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aliansi Pemuda Indonesia Untuk Perubahan (API Perubahan), Senin (3/12), mengumumkan rilis hasil survei calon presiden terpopuler di kalangan pemuda. Gubernur DKI Jakarta, Jokowi Widodo, menjadi sosok pilihan calon presiden yang banyak dipilih pemuda.

Dalam survei tersebut, Joko Widodo meraih peringkat pertama dengan  suara 37,4 persen. Peringkat kedua hingga kelima diduduki oleh Prabowo Subianto (10,3 persen), Jusuf Kalla (6.5 persen), Aburizal Bakrie (5,6 persen), dan Hatta Radjasa (4.3 persen). Sedangkan tokoh lainnya yang berasal dari luar partai politik yang diperhatikan kaum muda antara lain Dahlan Iskan (27,8 persen), Mahfud MD (16.3 persen), dan Djoko Suyanto (9,1 persen).

Masih berdasarkan survei tersebut, kaum muda menginkan sosok ideal calon presiden adalah sosok yang memiliki sikap tegas dalam memimpin. Selain itu, kaum muda juga meninginkan calon presiden adalah orang yang mau turun langsung ke lapangan dan berani memberantas korupsi.

Menurut Sekretaris Jenderal API Perubahan, Dendi Susianto, survei dilakukan dengan menggunakan metode wawancara melalui telepon secara acak (telepolling). Survei dilakukan pada 5 – 15 November, melibatkan 450 kaum muda berusia 17 – 45 tahun. Jajak pendapat dilakukan di 10 kota besar Indonesia, yaitu Medan, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surbaya, Denpasar, Pontianak, Makassar dan Manado.

"Responden muda dinilai paling berpengaruh dalam proses perubahan di Tanah Air. Mereka adalah orang-orang yang memiliki semangat perubahan," kata Dendi dalam keterangan persnya.


Sumber:http://www.republika.co.id/berita/nasional/politik/12/12/03/megbo8-survei-kaum-muda-inginkan-jokowi-jadi-presiden

Tidak ada komentar:

Posting Komentar