Minggu, 11 November 2012

Jalan Bercahaya jadi Solusi Cegah Kecelakaan

jalan,terowongan,lampu,malam                                                         (thinkstockphoto)


Penanda jalan berpendar ini menyerap cahaya matahari dan mampu menyinari jalanan di Belanda selama sepuluh jam saat malam tiba.

Belanda memiliki solusi menarik untuk mencegah kecelakaan di jalan raya. Mereka akan menerapkan jalan berpendar mulai pertengahan tahun 2013. Cara ini dianggap bisa memudahkan pengendara dalam mengenali jalur yang mereka lalui.

Tim perancang jalan berpendar ini dilakukan oleh Studio Roosegaarde yang menciptakan bubuk foto bercahaya dan akan digunakan untuk penanda jalan. Hebatnya, penanda jalan ini tidak menggunakan listrik, melainkan berasal dari tenaga surya. Satu kali penyerapan oleh penanda jalan ini mampu menyinari jalan-jalan di Belanda selama sepuluh jam saat malam tiba.

Dalam foto rancangan, cat khusus yang bisa menimbulkan pendaran ini akan digunakan di seluruh penanda jalan. Mulai dari garis hingga bahu jalan yang biasa dimanfaatkan dalam kondisi darurat.Cat ini juga akan digunakan sebagai petunjuk bagi pengendara bahwa jalan yang dilalui dalam kondisi licin. Bahkan ketika suhu udara turun ke titik tertentu, akan muncul keping salju yang menyala dalam gelap.

Daan Roosegaarde sebagai perancang cat ini menyatakan, ide tersebut datang saat memperhatikan semua hal mengenai transportasi sudah dikembangkan, kecuali satu hal: jalan raya. Ia juga ingin agar jalan raya menyamai teknologi kendaraan yang melintasi mereka. Saat ini rancangannya sudah diminati India dan berharap bisa menerapkannya di jalanan Amerika Serikat. (Zika Zakiya. Sumber: Discovery News)

Sumber: http://nationalgeographic.co.id/berita/2012/11/jalan-bercahaya-jadi-solusi-cegah-kecelakaan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar