Senin, 12 November 2012

Singkong Berpotensi Jadi Sumber Listrik

                                    ANTARA
 
Singkong Berpotensi Jadi Sumber Listrik
Singkong. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDARLAMPUNG -- Komoditas singkong atau ubi kayu memiliki potensi menjadi sumber energi listrik di Indonesia, kata Prof Resi Bohang MBA, Dirut PT Lampung Kasava Agro, di Bandarlampung, Rabu (7/11).

"Potensi pengembangan budidaya komoditas singkong ini sangat besar, sehingga kemungkinan untuk mendapatkan sumber energi terbarukan dapat segera diperoleh," ujar dia.

Menurut Resi Bohang, potensi perkebunan singkong di Indonesia khususnya di Provinsi Lampung cukup besar, sehingga perlu dukungan dari semua pihak untuk mengembangkan potensi tersebut.

"Saya kurang lebih sudah 18 tahun meneliti kandungan yang terdapat pada singkong, dan kualitasnya cukup baik untuk dijadikan sumber energi listrik," kata dia lagi.

Dia melanjutkan, sebagian perusahaan di Lampung khususnya yang bergerak di bidang bioenergi (ethanol) sudah menerapkan pengembangan pembangkit listrik dari bahan baku singkong, namun itu baru menggunakan ampasnya saja.

"Kalau sudah dikembangkan secara tepat dan terencana maka tidak ada lagi daerah terutama yang ada di pedalaman yang tak teraliri arus listrik," kata dia.

Ketersediaan energi listrik itu, ujar dia, dapat mendorong perkembangan kesejahteraan masyarakat yang dipastikan meningkat, mengingat wilayah tersebut bisa berkembang sehingga teknologi dapat diakses lebih mudah.

Sumber: http://www.republika.co.id/berita/trendtek/sains/12/11/07/md45il-singkong-berpotensi-jadi-sumber-listrik

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar