Senin, 15 Juli 2013

Peneliti Kulit Kacang Ingin Menggratiskan Karyanya


Seorang arsitek asal Amerika Serikat mengunjungi stand Nisrina Nuramalia Fathina, siswi SMA Kharisma Bangsa, Tangerang Selatan, di Genius Olympiad yang berlangsung di New York. Dia memuji papan dari kulit kacang karya Nisrina. koleksi pribadi
TEMPO.CO, Jakarta - Nisrina Nuramalia Fathina, siswi XII SMA Kharisma Bangsa, Tangerang Selatan, berhasil membuat tiga jenis produk dari meneliti kulit kacang. Perempuan 18 tahun ini berharap karyanya bermanfaat bagi banyak orang.

"Saya lebih suka penemuan saya itu dipakai secara massal. Ini untuk dunia, kenapa harus ada bayar-membayar. Akan tetapi, jangan ada yang mengaku-ngaku juga, sih, sebagai karya mereka," kata Nisrina pada Tempo, Jumat, 5 Juli 2013, di SMA Kharisma Bangsa.

Karya Nisrina diikutsertakan dalam ajang International High School Environment Project Olympiaddi Oswego, New York, Amerika Serikat, pada 16-20 Juni 2013. Penelitiannya yang berjudul berjudul The utilization of peanut hull waste (Arachis hypogaea L) as electrolyte source, sunscreen, and alternative board meraih medali perak. Ajang itu diikuti ratusan peserta dari 58 negara, seperti Amerika dan negara-negara Eropa.

Dari penelitiannya, kulit kacang bisa dimanfaatkan sebagai sumber elektrolit yang mengandung listrik, bahan pelindung kulit dari sinar matahari atau tabir surya, serta papan alternatif. Karyanya tentang papan alternatif ini, bahkan, dipuji seorang arsitek asal Amerika. "O, ini bagus sekali untuk kebutuhan arsitek, bisa sebagai bahan isolator ruangan di negara-negara bermusim dingin," kata Nisrina menirukan ucapan arsitek itu.

Nisrina menjelaskan, dari spesifikasi papan kulit kacang tersebut, papan ini juga bisa digunakan untuk pembuatan alat musik, olahraga, dan peralatan edukasi.

Agar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, anak bungsu dari dua bersaudara ini berharap karyanya bisa digunakan dalam industri. "Saya berharap ada industri yang tertarik untuk menggunakannya," kata dia. 
Sumber:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar