Senin, 14 Oktober 2013

Baju Iron Man Bakal Dipakai Tentara Amerika

Baju Iron Man Bakal Dipakai Tentara Amerika
Iron Man. Gizmodo.com

TEMPO.CO, Dover -Angkatan bersenjata Amerika Serikat akan merancang baju baja untuk pasukannya, yang terinspirasi dari tokoh pahlawan super Hollywood, Iron Man. Komando Operasi Khusus Amerika Serikat yang bermitra dengan universitas, laboratorium, dan industri teknologi tengah merancang baju tempur yang akan dipakai oleh para tentara di lapangan.


Baju baja tempur ini diberi nama The Tactical Assault Light Operator Suit (TALOS), yang rencananya terbuat dari lapisan bahan cerdas dilengkapi sensor, untuk melindungi pasukan dalam situasi pertempuran. Baju baja tempur ini juga memungkinkan para tentara Amerika Serikat mampu membawa beban yang jauh lebih berat dan tentu saja kebal terhadap peluru.

TALOS pertama kali diungkapkan oleh Laksamana Bill McRaven, pimpinan divisi operasi khusus pada sebuah konferensi yang berlangsung Mei lalu. Ia mengatakan baju baja tempur ini terinspirasi oleh kematian salah satu pasukannya di Afganistan.

"Orang-orang kami dibunuh oleh Taliban pada saat  upaya menyelamatkan sandera. Jadi bagaimana seragam prajurit lebih tangguh? Salah satu caranya adalah dengan membuatnya lebih tebal, lentur dan terbuat dari lapisan pelindung," kata McRaven kepada National Public Radio, seperti dikutip dari laman Mashable, Senin 13 Oktober 2013.

Norman Wagner, seorang profesor teknik kimia di University of Delaware, Amerika Serikat menggunakan nanoteknologi untuk membuat material berbahan cairan. Ketika sebuah benda -katakanlah peluru- mengenai baju tempur ini, maka akan berubah menjadi cangkang kuat yang sulit ditembus.

"Partikel-partikel ini mengorganisir diri dengan cepat, secara lokal dengan cara dimana mereka tidak dapat mengalir lagi dan menjadi benda solid,' kata Wagner.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar