Selasa, 07 Agustus 2012

Inilah Foto Pertama Robot Curiosity di Mars

 NASA
Foto-foto pertama yang berhasil diambil robot Curiosity. Foto di bagian kiri menunjukkan bayangan Curiosity sementara bagian kanan menunjukkan Curiosity dengan salah satu rodanya.
WASHINGTON, KOMPAS.com — Berhasil mendarat di Mars, Senin (6/8/2012), robot Curiosity pun menyuguhkan bukti pertama keberhasilannya. Tentu bukan foto robot tersebut, tetapi setidaknya berupa foto bayangan dirinya di permukaan Mars.

Curiosity berhasil mengirimkan foto tersebut kepada Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) yang kemudian menyebarkannya lewat Twitter. Foto tersebut dikirim beberapa menit setelah pendaratannya di Kawah Galem dekat ekuator atau khatulistiwa Mars dipastikan sukses. Curiosity mendarat pukul 01.31 EDT atau 12.31 WIB. Di Mars kira-kira sore hari sekitar pukul 15.00.

Dalam foto tersebut, Curiosity tampak sebagai bayangan hitam di tempat pendaratan yang tampak terang. Sementara itu, dalam akun Twitter @MarsCuriosity, NASA juga menyebarkan foto lain yang menggambarkan dirinya dengan roda yang dimiliki. "Dulu ada satu langkah kecil. Sekarang ini ada enam roda besar. Inilah salah satu dari mereka di permukaan Mars," demikian tweet @MarsCuriosity. Wahana ini ditargetkan meneliti molekul kehidupan di Mars yang ada serta evolusi Mars dari planet yang basah menjadi kering. 

 NASA/ JPL-CALTECH
Proses pendaratan Curiosity di Planet Mars
"Teror Tujuh Menit"
 
Curiosity berhasil menjejakkan diri di permukaan Mars setelah melalui proses mendebarkan yang disebut "Teror Tujuh Menit". Begitu memasuki atmosfer Mars, wahana yang membawanya melakukan manuver untuk memperlambat kecepatan hingga ketinggian sekitar 11 kilometer dari permukaan Mars.Kemudian parasut supersonik dikembangkan hingga wahana turun sampai ketinggian 1,6 kilometer. Wahana tersebut kemudian melepas retrorocket yang akan memandu pendaratan robot Curiosity yang dibawanya.Retrorocket kemudian menurunkan robot Curiosity menggunakan tali nilon dengan teknik yang disebut "derek angkasa".Begitu Curiosity menyentuh permukaan Mars, tali nilon yang digunakan dilepas dan retrorocket terbang menjauh.Robot beroda enam itu pun mulai bergerak di permukaan Mars. 

Curiosity diharapkan bisa meneliti molekul yang mendukung kehidupan di Mars sekaligus memecahkan misteri evolusi Mars. Keberhasilan ini juga menandai keberhasilan pertama mendaratkan robot beroda enam di Mars.
Curiosity
Para ilmuwan tak menargetkan Curiosity untuk menemukan makhluk hidup di Mars. Mereka hanya ingin Curiosity mampu menganalisis tanah dan molekul kehidupan yang mampu mendukung kehidupan Mars di masa lalu.Selain itu, lewat misi ambisius ini, para ilmuwan juga ingin menjajaki kemungkinan melakukan misi pendaratan manusia di Mars. 

Wahana antariksa yang dikirim ini pun telah mengumpulkan data tentang radiasi selama 8,5 bulan perjalanan ke Mars sejak peluncuran pada November 2011 lalu di Cape Canaveral, Florida.Direktur program Mars, Doug McCuistion, menyebut bahwa pencarian jawaban apakah makhluk hidup di Bumi sendirian, evolusi Mars dari basah ke kering, dan kemungkinan eksplorasi Mars masa depan sangat krusial. "Jika misi ini sukses, maka ini akan menjadi salah satu pencapaian terbesar kita dalam misi antariksa," ungkap McCuistion seperti dikutip AFP, Senin (6/8/2012). 
Garis Besar Misi Robot Curiosity di Planet Mars

Apa sebenarnya tujuan misi tersebut? Apa saja perlengkapan yang dibawa dalam misi tersebut untuk mencapai tujuannya? Berikut garis besar misi Curiosity di planet merah tersebut.

Tujuan Misi
Mempelajari Kawah Gale yang berada di dekat ekuator Mars untukl mengetahui kemungkinan tanda-tanda kehidupan yang pernah ada di Mars. Selain itu, misi juga bertujuan mengetahui lingkungan yang mendukung kehidupan Mars pada masa lalu dan saat ini. Misi ini berdurasi 98 minggu Bumi atau satu tahun Mars.

Peluncuran
Misi diluncurkan dari Cape Canaveral di Florida pada 26 November 2011 dengan roket Atlas V 541 yang dikembangkan United launch Alliance, kerja sama Boeing dan Lockheed. Perjalanan ke Mars ditempuh dalam 8,5 bulan.

Pendaratan Misi
Proses pendaratan misi ini disebut "Tujuh Menit Teror". Ini adalah tantangan pertama yang harus dilalui sebelum misi inti dilaksanakan. Proses memasuki, menuruni, dan mendarat dimulai saat wahana antariksa mulai memasuki atmosfer Mars. Curiosity bergerak dengan kecepatan 21.240 km/jam.

Pada 10 menit menuju pendaratan, bagian yang bernama crusei stage (membawa tanki propelan dan antena) menjaga wahana tetap pada jalurnya dan memungkinkan komunikasi dengan Bumi. Setelah memasuki atmosfer Mars, parasut dikembangkan, kemudian retrorocket dilepaskan untuk memandu wahana. Selanjutnya retrorocket menurunkan Curiosity dengan tali nilon. Saat mendarat, kecepatannya sekitar 2,72 km/jam.

Kendaraan
Kendaraan yang dibawa dalam misi ini adalah robot sebesar mobil dengan 6 roda yang disebut Curiosity. Berat robot itu sekitar 900 kg dan dibuat dengan biaya 2,5 juta dollar AS. Konsep pembuatannya tercetus tahun 2000 sementara yang bertugas mengembangkan adalah Laboratorium Propulsi Jet NASA di Pasadena.

Peralatan
Ada 10 peralatan yang dibawa serta dalam misi Curiosity. Masing-masing adalah :
1. Mast camera (MASTCAM). Kamera ini punya spesifikasi 2 MP, bertindak sebagai mata kiri dan kanan bagi Curiosity serta mampu mengambil citra diam, video maupun 3D.
2. Cemistry and Camera (CHEMCAM). bagian ini merupakan laser penguap batuan dan kombinasi teleskop yang yang bisa manrget batu setinggi 7 meter, membakarnya serta menganalisis unsur kimia yang ada.
3. Alpha Particle X-Ray Spectrometer (APXS). Ini merupakan lengan robotik yang mampu menganalisis unsur kimia pada batuan dan tanah.
4. Mars Hands Lens Imager (MALHI). Alat pada ujung lengan robotik yang berguna untuk memotret jarak dekat permukaan Mars.
5. Chemistry and Mineralogy (CheMin) yang berguna untuk menganalisis batuan dan tanah dengan difraksi sinar-X.
6. Sample Analysis at Mars (SAM). Alat ini berfungsi menganalisis senyawa berbasis karbon yang menjadi pendukung kehidupan, menganalisis secara kimia unsur lain yang berguna bagi kehidupan maupun berperan penting dalam evolusi planet.
7. Rover Environment Monitoring Station (REMS) untuk mengetahui perubahan cuaca di Mars.
8. Radiation Assesment Detector (RAD) untuk menganalisis partikel subatomik dan atomik dari Matahari yang berbahaya bagi manusia jika misi pendaratan manusia di Mars nanti benar-benar dilakukan.
9. Dynamic Albedo of Neutrons (DAN) untuk meneliti adanya air di bawah tanah hingga kedalaman 50 cm.
10. Mars Descent Imager yang berguna untuk menghasilkan foto berwarna serta video selama proses pendaratan di Mars.

Tempat Eksplorasi
Kawah Gale, kawah selebar 57,6 yang memiliki 3 gunung serta berbentuk seperti gundukan lebar sehingga Curiosity diharapkan bisa mendakinya.
Sumber:
http://sains.kompas.com/read/2012/08/06/13485540/Inilah.Foto.Pertama.Robot.Curiosity.di.Mars
http://sains.kompas.com/read/2012/08/06/13304796/Beginilah.Detik-detik.Pendaratan.Curiosity.di.Mars
http://sains.kompas.com/read/2012/08/06/12404727/Curiosity.Memasuki.Tujuh.Menit.Teror.
http://sains.kompas.com/read/2012/08/06/16061062/Garis.Besar.Misi.Robot.Curiosity.di.Planet.Mars

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar