Selasa, 07 Agustus 2012

Indonesia Siap Produksi Peluru Kendali dan Roket

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia dipastikan siap membuat peluru kendali dan roket sendiri. Caranya adalah melakukan kajian riset dan memberikan kesempatan PT Pindad untuk memproduksi berbagai senjata yang diperuntukkan untuk pertahanan NKRI. "Kami sudah melakukan riset dan pematangan teknologi. Indonesia siap memproduksi peluru kendali dan roket sendiri," kata Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta, Jumat (3/8).

Menurut Gusti, Indonesia kini baru memiliki peluru kendali dengan jarak jangkau masih dua digit. Ia berharap tahun depan peneliti Indonesia sudah mampu meningkatkan jarak tembaknya hingga mencapai tiga digit. "Bisa di atas 100 kilometer (km), atu bahkan lebih 900 km daya jangkau peluru kendalinya," katanya. 

Bahkan pada akhir tahun ini pihaknya akan meluncurkan roket RX-550 dengan rincian kaliber 550 mm yang mampu menjangkau atmosfer dengan jarak 300 km. Roket itu nantinya akan membawa satelit ke angkasa yang bertugas untuk memotret keadaan Indonesia setiap saat sesuai kebutuhan. Kalau sekarang, peluncuran satelit masih menumpang negara lain karena belum memiliki roket dengan jarak jangkau jauh. 

Jika dipaksakan, kata Gusti, satelit yang dibawa roket akan jatuh dengan sendirinya karena tertarik gravitasi. "Kalau jadi nanti kita tidak lagi memasang satelit lewat negara lain," ujar mantan menteri lingkungan hidup itu. 

Sumber:http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/12/08/04/m8795e-wuih-indonesia-siap-produksi-peluru-kendali-dan-roket

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar