Rabu, 23 Mei 2012

Ceramah Peringatan Nuzulul Quran 1431 di Istana Negara: Al-Quran dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan


   Oleh:Prof. Dr. Thomas Djamaluddin
Profesor Riset Astronomi Astrofisika, LAPAN
(Ceramah hikmah Peringatan Nuzulul Quran di Istana Negara, 17 Ramadhan 1431/26 Agustus 2010)






Yang kami hormati Bapak Presiden dan Ibu Ani Yudhoyono,
Yang kami hormati Bapak Wakil Presiden dan Ibu Herawati Boediono,
Bapak-bapak Pimpinan Lembaga Tinggi Negara yang terhormat,
Para Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II yang terhormat,
Yang Mulia Para Duta Besar negara sahabat,
Dan hadirin yang berbahagia,
Bila cuaca cerah, malam ini kita akan melihat sebuah bintang sangat terang di ufuk Barat. Itulah bintang paling terang malam ini, Bintang Kejora yang sesungguhnya bukan bintang melainkan planet Venus. Walau sangat terang, kecerlangannya tidaklah abadi.  Menjelang isya cahayanya ditenggelamkan oleh cahaya bulan pasca purnama. Tidak lama ia di langit yang tinggi, hanya dalam beberapa jam bintang cemerlang itu benar-benar terbenam. Muncullah bulan pasca purnama dengan dengan wajah masih hampir bulat terang menguasai langit malam ini.  Tetapi rembulan pun tak kan abadi. Saat pagi Matahari muncul jauh lebih terang, cahayanya memucatkan rembulan di ufuk barat menjelang terbenam. Matahari pun tak kekal di langit, ada saatnya akan terbenam pula.
Bayangkan suasana seperti itu bukan di tengah kota, tetapi di tengah padang pasir. Bayangkan kita sedang bersama Nabiyullah Ibrahim ‘alaihi salam yang sedang merenungi makna tauhid, keesaan Allah, dengan akal langsung dari alam. Allah menceritakan kisah menarik itu di dalam QS Al-An’am: 76-79

“….Ketika malam telah gelap, dia (Ibrahim) melihat sebuah bintang (lalu) dia berkata: “Inilah Tuhanku”, tetapi tatkala bintang itu tenggelam dia berkata: “Saya tidak suka kepada yang tenggelam.” Kemudian tatkala dia melihat bulan terbit dia berkata: “Inilah Tuhanku”, tetapi setelah bulan itu terbenam, dia berkata: “Sesungguhnya jika Tuhanku tidak memberi petunjuk kepadaku, pastilah aku termasuk orang yang sesat.” Kemudian tatkala ia melihat matahari terbit, dia berkata: “Inilah Tuhanku, ini yang lebih besar”. Maka tatkala matahari itu terbenam, dia berkata: “Hai kaumku, Sesungguhnya aku berlepas diri dari apa yang kamu persekutukan. Sesungguhnya aku menghadapkan diriku kepada Rabb yang menciptakan langit dan bumi, dengan cenderung kepada agama yang benar, dan aku bukanlah termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan.
Bapak Presiden Republik Indonesia yang saya muliakan, serta hadirin yang saya hormati,
Banyak hikmah dapat kita petik dari kisah Nabi Ibrahim tersebut untuk merenungi ayat-ayat kauniyah, ayat-ayat Allah di alam, untuk menemukan hakikat Allah dan mengambil pelajaran darinya. Ya, membaca ayat-ayat-Nya. Hal yang sama dalam format berbeda diajarkan juga oleh Malaikat Jibril kepada Rasulullah Muhammad SAW pada malam turunnya Al-Qur-an, Nuzulul Qur-an:

Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang Menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha pemurah, yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam. Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya. (QS Al-Alaq:1 – 5).
”Bacalah” bukan sekadar bermakna membaca ayat-ayat Allah di kitab, tetapi membaca juga ayat-ayat Allah di alam semesta, ayat-ayat kauniyah. Membaca alam bermakna merenungi ciptaan Allah. Asal usulnya, prosesnya, hukum-hukum yang berlaku padanya, dan kesudahannya. Itulah menjadikan intelektualitas manusia berkembang. Kecendekiawanannya lebih bermakna.

Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal (para cendekia), (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi. (Bila dijumpai sesuatu yang mengagumkan, ia mengembalikannya kepada Allah yang menciptakan): “Ya Tuhan Kami, Tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha suci Engkau”. (Namun dengan menyadari keterbatan ilmu yang berpotensi salah dalam penjelajahan inetelektualnya sehingga senantiasa ia mohon ampunan Allah), “maka peliharalah Kami dari siksa neraka”.
Pada ayat tersebut Allah mengajarkan kita semua untuk menjadi “ulil albab”, orang yang senantiasa menggunakan akalnya. Menjadi cendekiawan yang senantiasa membaca alam. Empat cirinya: berdzikir, berfikir, bertauhid, dan beristighfar. Senantiasa berdzikir (ingat) kepada Allah dalam segala situasi. Tak jemu berfikir tentang segala fenomena alam. Bertauhid mengesakan Allah yang menciptakan alam ini. Tak lupa beristighfar atas kemungkinan lalai dan salah dalam pemikirannya.
Membaca alam secara mendalam kemudian menganalisisnya, merumuskannya, dan mengujinya akan menghasilkan sains, ilmu pengetahuan. Al-Quran mendorong umat Islam untuk mengembangkan ilmu pengetahuan. Ayat pembuka saat turunnya Al-Quran ”iqra, bacalah”, menjadi motivasi utama dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Mestinya juga menjadi pendorong untuk melahirkan inovasi.
Ada tiga peran utama sains yang juga diajarkan Al-Qur-an. Pertama, peran sains menjawab keingintahuan manusia. Keingintahuan utama adalah asal-usul sesuatu dan mekanisme kejadian di alam. Beberapa hal diisyaratkan di dalam Al-Quran untuk renungan bagi manusia untuk memikirkannya. Kedua, peran sains melandasi pengembangan teknologi yang memudahkan manusia. Sepanjang sejarah manusia, teknologi dikembangkan untuk memudahkan aktivitas manusia. Perilaku alam yang dikaji sains banyak menginspirasi pengembangan teknologi. Beberapa ayat Al-Quran pun memberi tantangan untuk menguasai teknologi untuk mengungkap rahasia alam. Ketiga, menurut ajaran Islam sains juga berperan membantu mendekatkan diri kepada Allah.
Bapak Presiden Republik Indonesia yang saya muliakan, serta hadirin yang saya hormati,
Pertanyaan paling mendasar umat manusia adalah tentang asal-usul alam semesta dan segala isinya. Keingintahuan yang pokok inilah yang mendorong manusia mengkaji rahasia alam. Al-Quran merangkum asal-usul alam semesta itu dengan isyarat tentang ”enam hari penciptaan”. Sains yang dikembangkan dalam mengkaji fenomena alam kemudian kita balikkan untuk mencoba memahami isyarat ungkapan-ungkapan dalam Al-Quran
Alam diciptakan Allah dalam enam masa (Q.S. Fushshilat:9-12), dua masa untuk menciptakan langit sejak berbentuk dukhan (campuran debu dan gas), dua masa untuk menciptakan bumi, dan dua masa (empat masa sejak penciptaan bumi) untuk memberkahi bumi dan menentukan makanan bagi penghuninya. Ukuran lamanya masa (“hari”, ayyam) tidak dirinci di dalam Al-Qur’an. Belum ada penafsiran pasti tentang enam masa itu. Namun, berdasarkan kronologi saintifik tentang evolusi alam semesta dengan dipandu isyarat di dalam Al-Qur-an (Q.S. Fushshilat:9-12 dan Q.S. An-Nazia’at:27-32) kita coba fahami enam masa itu sebagai enam tahapan proses sejak penciptaan alam sampai hadirnya manusia.
Masa pertama dimulai dengan ledakan besar (big bang) (Q.S. Al-Anbiya:30, langit dan bumi asalnya bersatu) sekitar 13,7 milyar tahun lalu.

Dan Apakah orang-orang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?
Inilah awal terciptanya materi, energi, dan waktu. “Ledakan” itu pada hakikatnya adalah pengembangan ruang yang dalam Al-Quran disebutkan bahwa Allah kuasa meluaskan langit (Q.S. Adz-Dzariyat:47). Materi yang mula-mula terbentuk adalah hidrogen yang menjadi bahan dasar bintang-bintang generasi pertama. Hasil fusi nuklir antara inti-inti Hidrogen menghasilkan unsur-unsur yang lebih berat, seperti karbon, oksigen, sampai besi.
Masa yang ke dua adalah pembentukan bintang-bintang yang terus berlangsung. Dalam bahasa Al-Quran disebut penyempurnaan langit. Dukhan (debu-debu dan gas antarbintang, Q. S. Fushshilat:11) pada proses pembentukan bintang akan menggumpal memadat. Bila intinya telah cukup panasnya untuk memantik reaksi fusi nuklir, maka mulailah bintang bersinar. Kelak bila bintang mati dengan ledakan supernova, unsur-unsur berat hasil fusi nuklir akan dilepaskan. Selanjutnya unsur-unsur berat yang terdapat sebagai materi antarbintang bersama dengan hidrogen akan menjadi bahan pembentuk bintang-bintang generasi berikutnya, termasuk planet-planetnya. Di dalam Al-Qur’an penciptaan langit kadang disebut sebelum penciptaan bumi dan kadang disebut sesudahnya karena prosesnya memang berlanjut.
Itulah dua masa penciptaan langit. Dalam bahasa Al-Qura’an, big bang dan pengembangan alam yang menjadikan galaksi-galaksi tampak makin berjauhan (makin “tinggi” menurut pengamat di bumi) serta proses pembentukan bintang-bintang baru disebutkan sebagai
Dia meninggikan bangunannya lalu menyempurnakannya. (Q.S. An-Nazi’at:28)
Masa ke tiga dan ke empat dalam penciptaan alam semesta adalah proses penciptaan tata surya termasuk bumi. Proses pembentukan matahari sekitar 4,6 milyar tahun lalu dan mulai dipancarkannya cahaya dan angin matahari itulah masa ke tiga penciptaan alam semesta. Proto-bumi (‘bayi’ bumi) yang telah terbentuk terus berotasi yang menghasilkan fenomena siang dan malam di bumi. Itulah yang diungkapkan dengan indah pada ayat lanjutan pada Q.S. An-Nazi’at:29,
dan Dia menjadikan malamnya gelap gulita, dan menjadikan siangnya terang benderang.
Masa pemadatan kulit bumi agar layak bagi hunian makhluk hidup adalah masa ke empat. Bumi yang terbentuk dari debu-debu antarbintang yang dingin mulai menghangat dengan pemanasan sinar matahari dan pemanasan dari dalam (endogenik) dari peluruhan unsur-unsur radioaktif di bawah kulit bumi. Akibat pemanasan endogenik itu materi di bawah kulit bumi menjadi lebur, antara lain muncul sebagai lava dari gunung api. Batuan basalt yang menjadi dasar lautan dan granit yang menjadi batuan utama di daratan merupakan hasil pembekuan materi leburan tersebut. Pemadatan kulit bumi yang menjadi dasar lautan dan daratan itulah yang nampaknya dimaksudkan “penghamparan bumi” pada Q.S. An-Nazi’at:30,
dan bumi sesudah itu dihamparkan-Nya.
Menurut analisis astronomis, pada masa awal umur tata surya gumpalan-gumpalan sisa pembentukan tata surya yang tidak menjadi planet masih sangat banyak bertebaran. Salah satu gumpalan raksasa, 1/9 massa bumi, menabrak bumi menyebabkan lontaran materi yang kini menjadi bulan. Akibat tabrakan itu sumbu rotasi bumi menjadi miring 23,5 derajat dan atmosfer bumi lenyap. Atmosfer yang ada kini sebagian dihasilkan oleh proses-proses di bumi sendiri, sebagian lainnya berasal dari pecahan komet atau asteroid yang menumbuk bumi. Komet yang komposisi terbesarnya adalah es air (20% massanya) diduga kuat merupakan sumber air bagi bumi karena rasio Deutorium/Hidrogen (D/H) di komet hampir sama dengan rasio D/H pada air di bumi, sekitar 0.0002. Hadirnya air dan atmosfer di bumi sebagai prasyarat kehidupan merupakan masa ke lima proses penciptaan alam.
Pemanasan matahari menimbulkan fenomena cuaca di bumi: awan dan halilintar. Melimpahnya air laut dan kondisi atmosfer purba yang kaya gas metan (CH4) dan amonia (NH3) serta sama sekali tidak mengandung oksigen bebas dengan bantuan energi listrik dari halilintar diduga menjadi awal kelahiran senyawa organik. Senyawa organik yang mengikuti aliran air akhirnya tertumpuk di laut. Kehidupan diperkirakan bermula dari laut yang hangat sekitar 3,5 milyar tahun lalu berdasarkan fosil tertua yang pernah ditemukan. Di dalam Al-Qur’an Q.S. Al-Anbiya:30 memang disebutkan semua makhluk hidup berasal dari air.
Lahirnya kehidupan di bumi yang dimulai dari makhluk bersel tunggal dan tumbuh-tumbuhan merupakan masa ke enam dalam proses penciptaan alam. Hadirnya tumbuhan dan proses fotosintesis sekitar 2 milyar tahun lalu menyebabkan atmosfer mulai terisi dengan oksigen bebas. Pada masa ke enam itu pula proses geologis yang menyebabkan pergeseran lempeng tektonik dan lahirnya rantai pegunungan di bumi terus berlanjut.
Tersedianya air, oksigen, tumbuhan, dan kelak hewan-hewan pada masa ke lima dan ke enam itulah yang agaknya dimaksudkan Allah memberkahi bumi dan menyediakan makanan bagi penghuninya (Q.S. Fushshilat:10). Di dalam Q.S. An-Nazi’at:31-33 hal ini diungkapkan sebagai penutup kronologis enam masa penciptaan,

Ia memancarkan dari padanya mata airnya, dan (menumbuhkan) tumbuh‑tumbuhannya. Dan gunung‑gunung dipancangkan‑Nya dengan teguh, (semua itu) untuk kesenanganmu dan untuk binatang‑binatang ternakmu”.
Al-Quran memberi isyarat banyak fenomena alam yang menjadi tantangan sains untuk mengungkapkannya. Tetapi manusia punya keterbatasan ilmu. Penafsiran dengan sains yang terus berkembang bukanlah memutlakkan pemahaman tunggal atas makna ayat-ayat Al-Quran yang terkait dengan fenomena alam. Menggali ’izzah Al-Quran (mukjizat Al-Quran) bukan pula untuk menghasilkan sains baru. Sains adalah temuan yang harus bisa dibuktikan oleh siapa pun
Bapak Presiden Republik Indonesia yang saya muliakan, serta hadirin yang saya hormati,

Al-Quran dengan isyaratnya mendorong eksplorasi antariksa dengan sains tentang perilaku orbit benda langit dan sifat fisis lainnya untuk pengembangan wahana antariksa.

Hai jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan. QS Ar-Rahman:33).
Menembus penjuru langit dan bumi harus dengan kekuatan. Kekuatan itu adalah sains dan teknologi. Bangsa yang kuat adalah bangsa yang kokoh dalam penguasaan sains dan teknologi. Langit pun bisa dikuasai. Pesawat terbang, roket, dan satelit mutlak diperlukan untuk menguasaai langit yang pada gilirannya akan menguasai penjuru bumi. Teknologi antariksa kini digunakan untuk memudahkan komunikasi navigasi segenap penjuru bumi, mengamati perilaku alam, dan mengeksplorasi kandungan sumber dayanya.
Bangsa kita pun sedang berupaya membangun kekuatan seperti itu, walau dengan segala keterbatasan namun dengan motivasi tinggi. Sejak peluncuran Satelit Palapa 1976, kita telah memasukki era satelit dan kini tak mungkin lepas dari ketergantungan pada teknologi satelit. Bukan hanya untuk telekomunikasi, tetapi juga untuk penginderaan jauh dan navigasi. Salah satu keunggulan suatu bangsa diukur juga dari kemandiriannya dalam teknologi antariksa. Dalam hal penerapan teknologi terbaru, boleh jadi sektor swasta telah mengambil peran sangat besar. Tetapi dalam hal kemandirian, peran pemerintah menjadi dominan. Alhamdulillah, LAPAN sebagai lembaga pemerintah untuk litbang keantariksaan telah merintis pembuatan satelit yang kini telah berada di orbit pada ketinggian 630 km, Satelit LAPAN-TUBsat. Kini sedang mempersiapkan satelit kembar Twinsat (LAPAN-A2 dan LAPAN-Orari) yang diharapkan bisa diluncurkan tidak lama lagi. Kemandirian pembuatan roket peluncur satelit kini juga sedang diupayakan. Upaya-upaya tersebut dengan dukungan penguasaan teknologi penginderaan jauh dan sains kedirgantaraan, berorientasi pada peningkatan kemandirian dan kesejahteraan bangsa, selain juga untuk merealisasikan tantangan Al-Quran untuk ”menembus penjuru langit dan bumi”.
Bapak Presiden Republik Indonesia yang saya muliakan, serta hadirin yang saya hormati,
Dalam Islam, sains bukan saja untuk kepentingan intelektual menjawab keingintahuan manusia dan menjadi dasar pengembangan teknologi yang memudahkan aktivitas keseharian. Sains juga bisa kita gunakan membantu menyempurnakan kualitas ibadah, tanpa mencampuri keyakinan dalil syar’i yang diyakini masing-masing.
Matahari banyak mengajarkan kita banyak hal.
demi matahari dan cahayanya di pagi hari (QS Asy-Syams:1)
Matahari di kaki langit mengajarkan relativitas manusia. Matahari di kaki langit yang tampak besar hanyalah ukuran semu karena pembandingnya (bukit, gedung, atau pohon) tampak mengecil di kejauhan. Sedangkan matahari saat tengah hari tampak kecil karena dibandingkan dengan langit yang luas. Sains mengungkapkan makna itu untuk mamahami hikmah yang ditegaskan pada ayat-ayat berikutnya
Sesungguhnya beruntunglah orang yang mensucikan jiwa itu dan sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya.
Ukuran relatif manusiawi sering menyebabkan kekotoran jiwa kita dengan keangkuhan dan sikap keunggulan, disamping sikap inferior yang cenderung mengingkari nikmat Allah.  Matahari di kaki langit mengajarkan hikmah untuk berfikir jernih dalam menilai sesuatu. Matahari juga memberi pelajaran penting untuk kita ambil hikmahnya. Spektrum cahayanya  yang sebenarnya beraneka menyatu seolah tanpa warna. Keberagamannya hanya ditampakan untuk menunjukkan keindahan warna pelangi dan beragam warna di alam ini. Matahari mengajarkan dalam hidup pun tak lepas dari keberagaman. Keberagaman tak perlu dileburkan, karena itu memberikan keindahan dengan beragam warna kehidupan. Tetapi bila diperlukan keberagaman dapat pula dipersatukan menjadi tanpa warna demi kesatuan yang menentramkan.
Kita sering menghadapi perbedaan yang kadang meresahkan. Ambil contoh, dalam penetapan awal Ramadhan dan hari raya, kita dihadapkan pada keberagaman interpretasi dalil fikih yang berdampak pada perbedaan penentuan harinya. Sains dapat menjadi solusi menjembatani perbedaan pendapat seperti itu dalam implementasi ibadah yang berakar pada interpretasi dalil yang bersifat ijtihadiyah, tanpa mencampuri keyakinan dalil syari’i. Sehingga dengan sains kita bisa lebih menyempurnakaan ibadah kita dalam mendekatkan diri kepada Allah

dan demikian (pula) di antara manusia, binatang-binatang melata dan binatang-binatang ternak ada yang bermacam-macam warnanya (dan jenisnya). Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya, hanyalah ulama (orang yang berilmu). Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.
Bapak Presiden Republik Indonesia yang saya muliakan, serta hadirin yang saya hormati,
Demikianlah, Al-Quran berperan mendorong pengembangan ilmu pengetahuan dan sebaliknya ilmu pengetahuan berperan memahami makna-makna tersembunyi pada ayat-ayat-Nya dan membantu menyempurnakan ketaatan kita kepada Allah.
Wassalamu’alaikum wr. wb.

Sumber:http://tdjamaluddin.wordpress.com/2010/08/27/al-quran-dan-pengembangan-ilmu-pengetahuan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar