Sabtu, 08 September 2012

TV9 milik NU Jatim Jangkau Seluruh Jatim Mulai 2013

TV9 milik PWNU Jatim akan menjangkau seluruh  Jatim pada 2013
Metrotvnews.com, Surabaya: Media massa elektronik TV9 milik Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur akan memancarkan siarannya ke seluruh Jatim mulai 2013.

"Masyarakat Jatim perlu media alternatif. Selama ini,
TV9 hanya untuk Surabaya dan sekitarnya, tetapi tahun depan akan menjangkau seluruh Jatim," kata Ketua PWNU Jatim K.H. Hasan Mutawakkil Alallah di Surabaya, Ahad (9/9).

Ditemui di sela-sela Halalbihalal PWNU Jatim dan PCNU se-Jatim, dia mengaku pihaknya serius menggarap pertelevisian karena siaran yang telah dilakukan selama ini terbukti menarik minat masyarakat.


"Akan tetapi, kami belum punya modal. Alhamdulillah, tahun ini sudah ada kerja sama dengan investor yang sanggup mendanai hingga ratusan miliar. Oleh karena itu, kami siap menjangkau seluruh masyarakat Jatim mulai tahun depan," katanya.


Apalagi, katanya,
TV9 juga mendapatkan izin (IPP) dari Menteri Komunikasi dan Informasi Tifatul Sembiring sehingga pancaran siarannya sudah dapat ditingkatkan jangkauannya.

"Tayangan televisi yang tidak sesuai dengan selera masyarakat memang sulit dipahami kalangan pertelevisian. Oleh karena itu, NU membuat 'tandingan' saja sebab kalau dilawan juga akan capek sendirian," katanya.


Hal itu mendapat tanggapan dari praktisi pertelevisian Ishadi S.K. yang juga hadir dalam halalbihalal pengurus NU se-Jatim itu. "Masyarakat sekarang memang sudah saatnya menerima tayangan yang baik, seperti TV9," katanya.


Menurut dia, era digitalisasi pertelevisian saat ini sudah seharusnya menjadi kesempatan bagi pemerintah melalui Kemenkominfo untuk memilah tayangan yang baik bagi masyarakat.


"Artinya, era digitalisasi merupakan kesempatan bagi pemerintah untuk mengenai pajak yang tinggi bagi media televisi tertentu dan memberi subsidi bagi media televisi yang baik untuk masyarakat, seperti
TV9," katanya.

Sementara itu, Rektor IAIN Sunan Ampel Surabaya Prof. Abu A'la menilai pemerintah memang sulit membendung liberalisasi di segala bidang. Namun, pemerintah dapat melakukan intervensi dalam hal tertentu.


"Misalnya, Pemerintah bisa mendorong dunia pendidikan untuk mengarah kepada pendidikan spiritual melalui intervensi kurikulum, ujian (UN), termasuk mendukung sejumlah media alternatif," katanya.


Bahkan, kata dia, pemerintah sudah saatnya mendukung organisasi kemasyarakatan tertentu, seperti NU dan Muhammadiyah, untuk menjadi semacam "penjamin mutu" dalam nilai-nilai moral dan spiritual di tengah masyarakat. (Ant/Wrt3)

NU Dorong Pemerintah Dukung Tontonan Alternatif

Perkembangan jaringan komunikasi digital menjadikan persaingan di dunia penyiaran semakin ketat. Untuk tersedianya tontonan alternatif sebagaimana disajikan lembaga penyiaran dengan modal kecil, Nahdlatul Ulama (NU) sebagai civil society mendorong Pemerintah untuk memberikan dukungan nyata.
 
Ini terlontar dalam seminar Pra Munas Alim Ulama dan Konferensi Besar NU di Aula PWNU Jawa Timur, Sabtu (8/9), yang mengambil tema "Mengawal Entitas Kebudayaan Indonesia di Tengah Liberalisasi dan Keterbukaan Informasi-Komunikasi".

Hadir sebagai pembicara dalam seminar tersebut adalah Prof. Sasa Djuarsa Sendjaya, Ph.D (Guru Besar Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia), Prof Dr Solichin Abdul Wahab (Guru Besar Ilmu Sosial Universitas Brawijaya), Prof Dr Abdul A'la (Guru Besar dan Rektor IAIN Sunan Ampel Surabaya), H As'ad Sa'id Ali (Wakil Ketua Umum PBNU), dan Dr Ishadi SK (Direktur Trans Corp).

"Perkembangan jaringan komunikasi digital ini mestinya bisa menjadi solusi. Jaringan baru ini lebih efektif daripada analog, baik dari kualitas suara maupun gambar, karena tidak tergantung pemancar dan menara," ungkap Ishadi.

Meski demikian, jaringan komunikasi digital tidak bisa dijalankan dengan biaya murah, sehingga hanya lembaga penyiaran tertentu yang bisa melaksanakannya. Di saat yang sama lembaga penyiaran seperti TV 9 milik NU Jawa Timur, yang bisa menyajikan tontonan alternatif untuk masyarakat, sangat membutuhkan perhatian.

"Mestinya Pemerintah bisa mengambil sikap, jaringan televisi alternatif harus mendapatkan perhatian. Ini harus dibantu, karena kalau tidak mereka tidak akan bisa bersaing dengan lembaga yang dikelola pemodal besar," tandas Ishadi.

Sasa Djuarsa Sendjaya mengungkapkan, perkembangan jaringan komunikasi digital ini harus bisa dimanfaatkan dengan maksimal dan baik. Terlebih mengenai proporsi siaran tak terbatas, yang apabila tidak dijalankan dengan baik, dikhawatirkan justru mengakibatkan pelemahan di masyarakat.

"Tidak ada aturan mengenai porsi siaran pendidikan. Ini terutama terjadi setelah era reformasi. Semua berubah. Negara telah digantikan pasar, dan penguasa telah digantikan pengusaha," tegas Sasa.

Abdul A'la lebih menyoroti tontonan alternatif yang harus lebih disodorkan ke mastarakat, untuk tujuan kemajuan. "Lembaga pendidikan dan Organisasi Kemasyarakatan seperti NU harus bisa berada di garda depan dalam mengarahkan warga, terutama generasi mudanya dalam memilih tontonan-tontonan yang berkualitas. Tentunya dengan tidak mengecilkan peran Pemerintah," ujarnya.

Sementara penanggungjawab seminar Pra Munas Alim Ulama dan Konbes NU Andi Najmi Fuaidy, mengatakan apa yang dihasilkan dalam kegiatan ini akan dijadikan masukan, untuk selanjutnya dibahas dalam Munas Alim Ulama dan Konbes NU mendatang di Cirebon. "Munas dan Konbes mengambil tema Kembali ke Khittah Indonesia 1945. Apa yang dibahas dalam seminar kali ini adalah penggalian bahasan dari perspektif kebudayaan," pungkas Andi.

Sumber:
http://www.metrotvnews.com/metromain/news/2012/09/09/105300/2013-TV9-Milik-NU-Memancar-ke-Seluruh-Jatim
http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/12/09/09/ma1zwl-nu-dorong-pemerintah-dukung-tontonan-alternatif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar